Laman

Rabu, 04 Mei 2011

Data Penyakit DBD


KATA PENGANTAR


            Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas kebesaran dan ridhoNya kami dapat menulis dan menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Data Penyakit Demam Berdarah Di Puskesmas Cantigi”. Sholawat dan salam tak lupa tercurahkan kepada nabi muhammad SAW, sebagai penuntun umat hingga akhir zaman.
            Adapun tujuan dari penulisan makalah ini selain sebagai tugas mata kuliah “Dasar-Dasar Epidemiologi”, juga diharapkan mampu dijadikan wahana pelengkap khasanah keilmuan, baik bagi kami yang menulis maupun bagi pembaca yang berkenan membaca makalah sederhana ini.
            Dalam penulisan makalah ini kami berupaya semaksimal mungkin agar kesempurnaan makalah ini menjadi kenyataan. Namun pada kenyataanya masih banyak kelemahan dan kekurangan yang ada. Karena kami sadar akan pribahasa Tak ada gading yang tak retak”. Maka kritik dan saran yang konstruktif kami harapkan demi perbaikan dimasa depan.
            Akhirnya, kami hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Amin.

                                                                                                  Indramayu, 01 Juli 2010

                                                                                                                Penulis









DAFTAR ISI




Kata Pengantar ............................................................................................ ii
Daftar Isi ..................................................................................................... iii

BAB I     PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang .................................................................................. 4
B.   Rumusan Masalah ............................................................................. 5
C.   Tujuan Penulisan ............................................................................... 6

BAB II   PEMBAHASAN
1.    Permasalahan pada dunia Kerja ...................................................... 7
2.    Faktor Ergonomi di tempat kerja ...................................................... 8
3.    Alat-alat pendukung kerja ................................................................. 9
4.    Cara berkomputer yang baik  .......................................................... 12

DAFTAR PUSTAKA













BAB I
PENDAHULUAN



A.  Latar Belakang

Berdasarkan fakta tersebut diatas, sangat diperlukan pengkajian khusus yang membahas mengenai bagaimana desain tempat kerja/ kantor  supaya mencapai kaidah-kaidah ergonomic sehingga pekerja (karyawan kantor) tidak mudah lelah ketika berlama-lama di depan computer.
Disinilah, kemudian penulis merasa perlu untuk menggali referensi dari buku-buku maupun internet yang pembahasanya mengenai bagaimana desain tempat kerja/ kantor  supaya mencapai kaidah-kaidah ergonomic sehingga pekerja (karyawan kantor) tidak mudah lelah ketika berlama-lama di depan computer.
 Namun demikian, untuk mempersempit persoalan yang terkait dengan pembahasan yang begitu luas, maka kami membatasi pada rumusan masalah yang akan kami paparkan pada  item rumusan masalah di bawah ini.




B.   Rumusan Masalah
Sebagaimana kami kemukakan diatas, pada alasan penyempitan pembahasan makalah ini, maka untuk mempersempit pembahasan yang terlalu luas pada paparan makalah ini. Kami cofer pada perumusan makalah di bawah ini. Adapun yang akan kami bahas pada makalah ini meliputi :
5.    Apa Permasalahan pada dunia Kerja?
6.    Apa Faktor Ergonomi di tempat kerja?
7.    Sebujtkan Alat-alat pendukung kerja?
8.    Bagaimana Cara berkomputer yang baik ?

C.   Tujuan Penulisan
Adapun yang menjadi dasar tujuan penulisan makalah pencemaran tanah ini meliputi tujuan akademik dan tujuan apliktif yaitu :
1)   Tujuan akademik, secara khusus penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah “Ergonomi dan Faal Kerja” yang sebagai dosen pengajarnya adalah Bapak H.dr. Wigena Prawira. Dan secara umum pembuatan makalah ini dalam rangka memperluas khasanah keilmuan mengenai Penerapan Ergonomi.
2)   Tujuan aplikatif, mengingant dari mayoritas mahasiswa fakultas kesehatan masyarakat khususnya semester IV (Emapt) masih kurang dalam keilmuan tentang Penerapan Ergonomi, sehingga diharapkan makalah ini sebagai bahan kajian para mahasiswa mengenai penerapan ergonomic di tempat-tempat lainya. juga  sebagai referensi keilmuan khususnya ilmu kesehatan masyarakat.